Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 8 No 4 (2024): April 2024

Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif AhaSlides terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pemrograman Dasar pada Konteks Metode Pembelajaran Problem Based Learning

Husodo, Safira Luthfiana (Unknown)
Herlambang, Admaja Dwi (Unknown)
Hariyanti, Uun (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Pemanfaatan teknologi di bidang Pendidikan semakin berkembang. Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat menjadi inovasi untuk melaksanakan variasi kegiatan belajar dengan didukung metode pembelajaran yang menarik. metode Problem Based Learning (PBL) membutuhkan adanya interaksi antara peserta didik dan pendidik selama pembelajaran sehingga membutuhkan bantuan seperti media pembelajaran interaktif untuk mendukungnya. Tujuan penelitian yang dilakukan untuk menganalisis adanya pengaruh pemanfaatan media pembelajaran interaktif AhaSlides terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mencangkup tiga aspek yaitu aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Metode penelitian menggunakan weak experiment static group pretest-posttest. Sampel dibagi menjadi dua kelas untuk membandingkan hasil belajar pada kelas X TKJ untuk mata pelajaran pemrograman dasar di SMK Negeri 3 Malang. Penelitian menggunakan analisis uji asumsi yaitu normalitas dan homogenitas untuk melanjutkan pada uji hipotesis. Pada aspek kognitif dan psikomotorik tidak memenuhi uji asumsi sehingga menerapkan uji nonparametrik Mann Whitney U. Pada aspek afektif memenuhi uji asumsi sehingga menerapkan uji parametrik uji T Independent. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu bahwa media pembelajaran interaktif AhaSlides dapat berpotensi mempengaruhi hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan psikomotor dengan dibuktikan nilai hasil belajar terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen. Sedangkan, untuk aspek afektif kurang dapat berpotensi mempengaruhi hasil belajar siswa karena nilai hasil belajar siswa kedua kelas tidak berbeda secara signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...