Desain sistem merupakan pendekatan yang terstruktur dalam menciptakan antarmuka pengguna yang konsisten dan efisien dengan menggunakan pedoman dan komponen yang dapat digunakan kembali. Salah satu sistem desain yang populer adalah Material Design. Versi terbaru, Material Design 3, menawarkan peningkatan dari versi sebelumnya, Material Design 2, termasuk komponen yang lebih modern, penekanan pada personalisasi, dan peningkatan aksesibilitas. Namun, belum ada penelitian yang membandingkan Material Design 2 dan 3. Penelitian ini mengimplementasikan kedua versi desain tersebut pada aplikasi Android untuk pemesanan jasa binatu dan membandingkan efektivitas, efisiensi, serta kepuasan pengguna. Jasa binatu adalah usaha yang bergerak di bidang jasa cuci pakaian, salah satunya adalah Agatha Laundry yang terletak di Kota Malang. Berdasarkan wawancara dengan pelanggan, banyak yang mengalami kesulitan dalam proses pemesanan. Mereka harus datang langsung ke lokasi penyedia jasa dan sering kali harus mondar-mandir karena estimasi waktu selesai yang tidak sesuai. Oleh karena itu, diperlukan perangkat lunak berbasis Android yang dapat membantu proses pemesanan jasa binatu di Agatha Laundry. Aplikasi ini diuji menggunakan blackbox testing dan scenario-based testing untuk memvalidasi kebutuhan pengguna serta membandingkan implementasi Material 2 dan 3 dari aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini sudah memenuhi dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Meskipun tidak ada perbedaan dalam efektivitas dan efisiensi pengguna antara Material 2 dan 3, terdapat perbedaan dalam kepuasan pengguna dengan nilai effect size pada Material 2 sebesar 5.60 ± 0.20 dan pada Material 3 sebesar 5.84 ± 0.21.
Copyrights © 2024