Pembelajaran yang efektif memerlukan metode, media dan model pembelajaran yang tepat guna menghasilkan hasil pembelajaran terbaik di ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif motivasi. Pembelajaran berbasis masalah melibatkan pelajar dalam memecahkan persoalan nyata serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Tujuan penelitian dilakukan menyelidiki pengaruh media Replit terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pelajar. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan metode penelitian Weak Experiment Static Group Pretest Posttest untuk memperoleh hasil belajar kognitif dan Weak Experiment Static Group Comparison untuk memperoleh hasil belajar psikomotorik dan motivasi belajar. Purposive sampling digunakan dalam sampel penelitian, dan dua kelas dari kelas XI di SMA Negeri 3 Malang digunakan untuk membandingkan hasil pembelajaran. Penelitian menggunakan analisis uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas untuk menentukan uji hipotesis. Pada aspek kognitif, psikomotorik, dan motivasi tidak memenuhi uji asumsi sehingga menggunakan uji nonparametrik Mann Whitney U. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai hasil belajar terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen, dan nilai motivasi belajar terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen. Untuk itu, media IDE Replit memengaruhi hasil belajar dan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2024