Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan sekolah, kesiapan insturktur, serta penggunaan Django Framework dan Bootstrap 5 dalam pelaksanakan Teaching Factory praktisi pengembangan website terhadap peningkatan kompetensi industri 4.0. Fokus penelitian ini adalah untuk membuktikan kegiatan Teaching Factory melalui variabel penelitian ini dapat meningkatkankompetensi industri 4.0 peserta didik, sehingga lulusan SMK bisa memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran menggunakan korelasi dan regresi untuk menggambarkan hubungan dan pengaruh antar variabel dan dielaborasi menggunakan data kualitatif untuk mendeskripsikan hubungan dan pengaruh yang terjadi. Sampel diambil dari peserta didik kelas XI program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang telah mengikuti kegiatan Teaching Factory praktisi pengembangan website menggunakan Django Framework dan Bootstrap 5. Hasil pengujian menunjukkan terdapat hubungan dan pengaruh kesiapan sekolah melaksanakan Teaching Factory, kesiapan instruktur melaksanakan praktisi pengembangan website, serta kesiapan sekolah dan instruktur melaksanakan Teaching Factory praktisi pengembangan website menggunakan Django Framework dan Bootstrap 5 secara bersama-sama terhadap peningkatan kompetensi industri 4.0 peserta didik, dengan kontribusi pengaruh 45,6%. Hasil pengujian parsial pengguanan DjangoFramework dan Bootstrap 5 terhadap peningkatan kompetensi industri 4.0 tidak memberikan pengaruh signifikan. Meskipun demikian, apabila diuji secara simultan dengan variabel lainnya, penggunaan Django Framework dan Bootstrap 5 memberikan kontribusi pengaruh 0,7% terhadap peningkatan kompetensi industri 4.0.
Copyrights © 2024