Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 8 No 8 (2024): Agustus 2024

Hubungan Jenjang Pendidikan Terakhir Dan Kemampuan Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Komputer Tingkat Dasar Pada Mahasiswa Di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya

Rizka Rindingpadang, Mayzke (Unknown)
Herlambang, Admaja Dwi (Unknown)
Wicaksono, Satrio Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara jenjang pendidikan terakhir dan kemampuan manajemen waktu terhadap hasil belajar pemrograman komputer tingkat dasar pada mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Metode penelitian yang digunakan meliputi analisis korelasi dengan bantuan program SPSS versi 27 serta wawancara tidak terstruktur untuk mendapatkan informasi mendalam. Analisis korelasi sederhana menunjukkan bahwa terdapat hubungan lemah namun signifikan antara jenjang pendidikan terakhir dengan hasil belajar pemrograman komputer tingkat dasar, dengan nilai koefisien korelasi 0,249 pada taraf signifikansi 5%. Sebaliknya, kemampuan manajemen waktu menunjukkan hubungan kuat dan signifikan dengan hasil belajar pemrograman komputer tingkat dasar, dengan nilai koefisien korelasi 0,733 pada taraf signifikansi 5%. Analisis korelasi berganda memperkuat temuan ini dengan menunjukkan bahwa kombinasi antara jenjang pendidikan terakhir dan kemampuan manajemen waktu memiliki hubungan sangat kuat dan signifikan dengan hasil belajar pemrograman komputer tingkat dasar, dengan nilai koefisien korelasi 0,852 pada taraf signifikansi 5%. Hasil wawancara mendukung temuan kuantitatif, mengungkapkan bahwa pengalaman pendidikan sebelumnya dan strategi manajemen waktu yang efektif berperan penting dalam pencapaian hasil belajar yang optimal. Kesimpulannya, penelitian ini menegaskan pentingnya jenjang pendidikan terakhir dan kemampuan manajemen waktu dalam menentukan keberhasilan belajar pemrograman komputer tingkat dasar pada mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...