Teknologi merupakan tools yang sudah diaplikasikan ke seluruh aktivitas keseharian masyarakat. Salah satu bidang yang mulai banyak disupport menggunakan teknologi adalah pendidikan (education technology). Binar Academy adalah salah satu startup yang bergerak dalam education technology platform di Indonesia. Namun sebagai media yang paling digunakan pelanggan, experience pelanggan terhadapan layanan aplikasi Binar Academy masih kurang memuaskan. Maka diperlukan analisis yang mampu mengurai kekurangan yang ada pada aplikasi Binar Academy, sehingga diharapkan hasil dari analisis tersebut dapat menjadi evaluasi untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Adapun salah satu model analisis yang dapat digunakan untuk menilai kepuasan pelanggan pada sebuah layanan elektronik adalah E-S-Qual (electronic service quality) dan E-Recs-Qual (electronic recovery services quality). E-S-Qual terdiri dari variabel efficiency, system availability, fulfillment, dan privacy. Sementara E-RecS-Qual terdiri dari variabel responsiveness, compensation, dan contact. Peneliti menggunakan uji korelasi spearman untuk mengetahui hubungan antara tiap-tiap variabel yang ada pada E-S-Qual dan E-RecS-Qual dengan variabel kepuasan pelanggan untuk mengetahui rekomendasi perbaikan yang tepat pada aplikasi Binar Academy. Setelah melakukan uji korelasi spearman, diketahui bahwa efficiency, system availability, fulfilment, responsiveness, dan contact memiliki hubungan yang kuat dengan kepuasan pelanggan. Sedangkan privacy dan compensation memiliki hubungan yang kurang kuat dengan kepuasan pelanggan.
Copyrights © 2024