Journal of Servite
Vol. 5 No. 2 (2023): Journal of SERVITE

Pemberdayaan Pengusaha Kuliner Mikro di Kawasan Wisata Pantai Carita Pandeglang Melalui Pelatihan Merek

Levyda, Levyda (Unknown)
Giyatmi, Giyatmi (Unknown)
Maharani, Maya Dewi Dyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Kawasan wisata memberikan peluang usaha bagi penduduk Kecamatan Carita, khususnya usaha kuliner. Meskipun telah cukup lama berbisnis, banyak usaha mikro di Kawasan Wisata Pantai Carita Pandeglang yang belum memiliki merk dagang.  Merek menentukan loyalitas, minat beli dan keputusan pembelian. Tujuan pelatihan merek dagang adalah untuk meningkatkan pengetahuan peserta. Peserta pelatihan adalah nasabah PNM Mekaar. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah dan diskusi, demonstrasi produk dan test tertulis. Hambatan pembuatan merek dagang adalah keterbatasan pengetahuan, biaya dan prosedur pembuatan merek dagang. Dari diskusi terungkap motif peserta yang sudah memiliki merek  adalah ingin menjual di e-commerce.  Setelah mengikuti pelatihan, ada peningkatan pengetahuan peserta tentang manfaat dan komponen merek dagang. Pelatihan merek masih diperlukan oleh pengusaha terutama membuat merek dan stiker merek. ________ The tourist area provides business opportunities for residents of the Carita District, especially culinary businesses. Even though they have been in business for quite a long time, many micro businesses in the Carita Pandeglang Beach Tourism Area do not yet have a trademark. Brand determines loyalty, purchasing interest, and purchasing decisions. Brand training aims to increase participants' knowledge. The training participants are PNM Mekaar customers. The training methods used are lectures and discussions, product demonstrations, and written tests. Barriers to creating a trademark are limited knowledge, costs, and brand creation procedures. From the discussion, it was revealed that participants who already had a brand wanted to sell on e-commerce. After attending the training, there was an increase in participants' knowledge about the benefits and components of the brand. Entrepreneurs still need brand training, especially when making brands and brand stickers.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

servite

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang layanan masyarakat. Journal of Servite khususnya berfokus pada permasalahan sebagai berikut Pemberdayaan Sumber Daya Manusia bidang Komunikasi Diseminasi ...