Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunan model latihan Josh-Desain untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PJOK materi sepak sila pada siswa SMP. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pra- eksperimen time series dengan desain one group pretest-posttes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII SMP Citra Bakti yng berjumlah 15 orang dengan kriteria 5 putri dan 10 putra. Data dari penelitian diambil dan tes dan pengukuran untuk aktivitas belajar menggunakan lembar observasi yang dinilai oleh dua orang penilai. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukan perubahan rata-rata nilai aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yang lebih baik. Kesimpulan penelitian ini bahwa model latihan Josh-Desain sepak sila efektif terhadap kegiatan inti dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PJOK materi sepak sila pada siswa kelas VIII di SMP Citra Bakti.
Copyrights © 2024