MAUIZHAH JURNAL KAJIAN KEISLAMAN
Vol 14 No 1 (2024)

Pengaruh Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik di SMAN 1 Pomalaa

Ali, Ismail (Unknown)
Zakariah, M. Askari (Unknown)
Iqbal, Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Pomalaa. Meskipun metode saintifik dianggap efektif untuk memahamkan materi dengan jelas dan praktis, banyak guru masih cenderung menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif di SMAN 1 Pomalaa, dengan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI terhadap hasil belajar peserta didik. Diketahui bahwa nilai Y= 0,917 + 0,947 : 1,864. Lebih lanjut, nilai thit yang lebih besar dari ttab pada taraf signifikan 5% menegaskan adanya pengaruh nyata variabel pendekatan saintifik (variable X) terhadap hasil belajar (variable Y). Kesimpulannya, penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Pomalaa. Temuan ini memberikan dasar kuat untuk mendukung implementasi lebih lanjut dari pendekatan saintifik dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mauizhah

Publisher

Subject

Religion

Description

Jurnal Kajian Keislaman merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT)Syekh Burhanuddin Pariaman. Menerima artikel dengan kajian studi islam sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu studi islam. Semua artikel yang masuk akan melalui ...