Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat

Analisis Pengembangan Produk Halal Gampong Lamme Kabupaten Aceh Jaya (Kue Chingkuy) Melalui Media Sosial

Sari, Mutia (Unknown)
Rasyidah (Unknown)
Hidayat, Arman (Unknown)
Rohan Ghaffaruddin, Muhammad (Unknown)
Kartika Sari, Lia (Unknown)
Al Muna, Nuna (Unknown)
Sari, Maya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Pemanfaatan media sosial yang tepat dapat menjadi peluang dalam mempromosikan produk halal. Kecamatan Jaya lebih tepatnya gampong Lamme merupakan salah satu wilayah yang mempunyai potensi unggul dibidang produk halal, yaitu kue chingkuy. Chingkuy sendiri merupakan kue tradisional turun-temurun yang terbuat dari 44 dedaunan herbal dengan aroma dan rasa yang unik. Akan tetapi tidak tereksposnya jati diri Lamme yaitu chingkuy ini menjadi perhatian khusus yang harus dibenahi. Oleh karena itu, diperlukan upaya dalam mengoptimalkan arus media sosial ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemanfaatan media sosial dalam mewujudkan gampong Lamme menjadi kawasan pembuatan produk halal yaitu kue chingkuy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan wawancara untuk menunjang data-data yang diperlukan pada penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media sosial sangat membantu dalam mempromosikan ku chingkuy bukan saja kepada masyarakat gampong tetapi juga nusantara hingga kancah Internasional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrpm

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat focuses to publish research articles related to community engagement and development in all aspects, including Education, Social, Human Resource Development, Health, and technology. The articles must be based on appropriate research methodologies such as ...