Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan teaching at the right level dalam modul ajar materi proses perumusan dasar negara MGMP Pendidikan Pancasila Kota Semarang. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode analisis konten. Subjek penelitian ini adalah modul ajar Pendidikan Pancasila materiĀ  proses perumusan dasar negara yang disusun oleh tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Pancasila Kota Semarang. Validitas data diperoleh melalui teknik validitas semantis. Proses analisis data meliputi penentuan unit analisis, pencatatan data, reduksi, penarikan kesimpulan, dan deskripsi hasil. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendekatan TaRL Berdasarkan implementasi pendekatan teaching at the right level pada modul ajar materi perumusan dasar negara yang disusun oleh tim MGMP pendidikan Pancasila Kota Semarang, secara ekplisit terdapat dalam bagian modul ajar yaitu: Pra pembelajaran yaitu dengan pelaksanaan tes diagnostik untuk mengukur level kemampuan peserta didik, minat belajar serta gaya belajar peserta didik. Kegiatan pendahuluan guru memberikan pertanyaan pemantik untuk memperkuat hasil diagnostik. Kegiatan inti guru membagi peserta didik sesuai level kemampuan hal ini merupakan bentuk profiling yang merupakan bagian dari tahap pendekatan teaching at the right level. Guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sebagai wujud pendekatan teaching at the right level diferensiasi pembelajarn yang muncul berupa diferensiasi konten dan produk namun belum terlihat adanya diferensiasi proses.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024