MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary
Vol. 2 No. 6 (2024): Juni

Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Peserta Didik Di MA Pembangunan Jakarta

Sita Desi Fitri (Unknown)
Salma Selfiyana (Unknown)
Khalimatus’sadiyah (Unknown)
Indah Rakhmatika (Unknown)
Musyarofah (Unknown)
Nur Afifah (Unknown)
M. Davy Handiawan (Unknown)
Prayogi, Arditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Saat ini, media digital memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran digital dalam meningkatkan keterampilan literasi peserta didik di MA Pembangunan Jakarta dan penggunaan media pembelajaran digital terhadap keterampilan membaca dan menulis peserta didik di MA Pembangunan Jakarta.  Artikel ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai penggunaan media pembelajaran digital dalam meningkatkan keterampilan literasi digital di MA Pembangunan Jakarta. Artikel ini disusun dengan pendekatan kualitatif berbasis studi lapangan dengan menggunakan wawancara dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Data kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif berupa reduksi data, penampilan data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil telaah didapatkan gamabran bahwa media pembelajaran digital dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar peserta didik. Peserta didik menjadi lebih aktif dalam diskusi kelas, mengalami peningkatan dalam memahami teks, dan lebih terampil dalam mencari informasi secara mandiri. Secara keseluruhan, penggunaan media pembelajaran digital di MA Pembangunan Jakarta menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan keterampilan literasi peserta didik, asalkan didukung oleh strategi yang tepat dan infrastruktur yang memadai. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pendidik dalam merancang kurikulum yang lebih efektif dan berbasis teknologi untuk meningkatkan literasi peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...