Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 7 No 3 (2023): Desember

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV

Yusnia, Yusnia (Unknown)
Kurniawati, Ike (Unknown)
Agusdianita, Neza (Unknown)
Supriatna, Irfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Matematika berbantuan media pembelajaran pop up book terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian adalah lembar tes yang berjumlah 5 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Pengolahan dan analisis data yang dilakukan meliputi penentuan skor soal analisis deskriptif, analisis uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, dan analisis inferensial/hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil uji hipotesis motivasi belajar menunjukkan bahwa nilai thitung dengan menggunakan Equal Variences Assumed = 2,859 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,005 serta nilai distribusi ttabel adalah 2,011. Sehingga thitung> ttabel (2,959 > 2,011) dan Sig.(2-tailed) 0,005 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan pembelajaran Matematika berbantuan media pembelajaran pop up book terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 17 Kota Bengkulu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...