KIDDO: Jurnal pendidikan Islam Anak Usia Dini
SPECIAL EDITION: ARAKSA I

Media Belajar Grafis berbasis Ramah Anak di Rumah Belajar Jauzaa Education

Endah Tri Wahyuningsih (Sekolah Tinggi Agama Islam Terpadu Yogyakarta)
Lili Mulyani (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk melihat bagaimana penyediaan media belajar ramah anak yang digunakan Rumah Belajar Jauzaa dalam stimulasi perkembangan anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Di Rumah Belajar Jauzaa, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam pembuatan materi pembelajaran berbasis grafis mengikuti pedoman Sekolah Ramah Anak yakni pendidik mencari sumber daya yang lebih relevan dengan keadaan dan lingkungan anak. Prinsip yang digunakan dalam pengembangan media belajar grafis ramah anak yakni : 1) Mengembangkan aspek perkembangan dengan memanfaatkan teknologi 2) Tidak habis pakai untuk digunakan berulang 3) Bahan mudah didapat dan ekonomis 4) Bahan tidak berbahaya untuk keselamatan anak 5) Fungsi dapat digunakan secara individu atau kelompok 6) Media harus dapat menimbulkan kreatifitas dan dapat dimainkan sehingga dapat menambah kesenangan bagi anak dan mampu memainkan imajinasi anak. Pengembangan Media grafis di Rumah Belajar jauzaa dibuat dengan memodifkasi pengunaan teknologi aplikasi grafi berupa Canva, Coreldraw, Instashot dan Adobe Ilustrator dan dimodifikasi dengan bahan-bahan bekas ataupun bahan alam seperti kardus bekas, kaleng, kertas, kayu dll. Media grafis berbasis ramah anak diklasifikasikan sesuai dengan tujuan belajar yang akan dicapai anak, yakni dalam perkembangan fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, seni, dan nilai agama moral.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kiddo

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini accepts unpublished, original manuscripts in Indonesia or English, based on research from quantitative, qualitative, mixed research methodology, or any methodology related with early childhood education include; Early childhood ...