Tujuan dari penelitian ini yakni untuk melihat bagaimana penyediaan media belajar ramah anak yang digunakan Rumah Belajar Jauzaa dalam stimulasi perkembangan anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Di Rumah Belajar Jauzaa, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam pembuatan materi pembelajaran berbasis grafis mengikuti pedoman Sekolah Ramah Anak yakni pendidik mencari sumber daya yang lebih relevan dengan keadaan dan lingkungan anak. Prinsip yang digunakan dalam pengembangan media belajar grafis ramah anak yakni : 1) Mengembangkan aspek perkembangan dengan memanfaatkan teknologi 2) Tidak habis pakai untuk digunakan berulang 3) Bahan mudah didapat dan ekonomis 4) Bahan tidak berbahaya untuk keselamatan anak 5) Fungsi dapat digunakan secara individu atau kelompok 6) Media harus dapat menimbulkan kreatifitas dan dapat dimainkan sehingga dapat menambah kesenangan bagi anak dan mampu memainkan imajinasi anak. Pengembangan Media grafis di Rumah Belajar jauzaa dibuat dengan memodifkasi pengunaan teknologi aplikasi grafi berupa Canva, Coreldraw, Instashot dan Adobe Ilustrator dan dimodifikasi dengan bahan-bahan bekas ataupun bahan alam seperti kardus bekas, kaleng, kertas, kayu dll. Media grafis berbasis ramah anak diklasifikasikan sesuai dengan tujuan belajar yang akan dicapai anak, yakni dalam perkembangan fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, seni, dan nilai agama moral.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024