Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menerapkan pola makanan bergizi yang bermanfaat bagi kecerdasan anak usia dini. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di PAUD Kamboja Ponteh, Galis Pamekasan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan pola makan bergizi untuk kecerdasan anak dilaksanakan setiap dua kali dalam sebulan pada hari Jum’at. Prosesnya diawali dengan tahap diskusi antar pihak sekolah, kemudian diinformasikan kepada anak didik pada saat penutupan pembelajaran, serta diinformasikan juga kepada wali murid pada saat waktu pulang sekolah. Hasil dari penerapan makan bergizi ini memberikan dampak positif terhadap kecerdasan anak, seerti kecerdasan bahasa, musikal, dan kinestetik. Kedua, faktor pendukung dalam pelaksanaan program ini ialah adanya dukungan penuh dari orang tua, mood anak yang baik, sosial, ekonomi, pengetahuan, fisik dan mental, serta kerjasama yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya ialah mood anak kurang baik, anak terlalu lama mengunyah makanan, anak tidak suka makanan yang disediakan dari rumah, lebih suka makanan teman, makan sambil kejar-kejaran, berebut untuk disuapi guru yang sama, terlalu aktif dalam bermain sehingga anak tidak mau mengikuti program makan bersama, kesukaan dan nafsu makan anak. Ketiga, cara guru mengatasi hambatan yang terjadi pada saat proses penerapan pola makan bergizi untuk kecerdasan anak ini, yaitu bernyanyi, bercerita, memblender makanan apabila sulit untuk ditelan, memberi anak obat peningkat nafsu makan, memberikan reward berupa anak boleh pulang lebih awal bagi siapa yang berhasil menghabiskan makan lebih awal, menyuapi anak dengan bergantian, membentuk makanan dengan kreasi yang menarik sesuai kesukaan anak dan jika anak berlari guru akan menyuruh anak untuk mengejarnya kembali
Copyrights © 2024