Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konflik sikap peserta didik dimana kurang hormatnya peserta didik kepada gurunya dikelas maupun diluar kelas.Profil Pelajar Pancasila ini agar  pelajar dapat mengamalkan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan sehari – harinya. Keberhasilan mengimplementasikan profil pelajar pancasila memiliki ciri Bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa,Berhaklak mulia, Berkebhinekaan   global,Gotong royong, Mandiri, Bernalar kirtis, dan Kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana implementasi profil pelajar pancasila terhadap proses Pembelajaran di SMK Negeri Campalagian. Penelitian ini ingin mengetahui karakter siswa sebagai pelajar pancasila. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas x yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data  yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkam bahwa implementasi profil pelajar pancasila terhadap proses pembelajaran di SMK Negeri Campalagian sudah cukup baik dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila dan guru Pkn menggunakan beberapa metode yang mendukung mengimplemetasikan ciri profil pelajar pancasila yaitu metode ceramah dan diskusi dalam pelaksanaan metode para siswa juga sebagian sudah mencerminkan ciri profil pelajar pancasila namun ada juga yang belum terbiasa. Namun  siswa masih perlu untuk selalu dibimbing dan diarahkan untuk menerapkan ciri profil pelajar pancasila dan menanamkanya dalam kehidupan sehari- hari. Dan guru sebagai sumber keteladanan bagi siswanya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024