Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika

CHAOS GAME DENGAN VARIASI KOMBINASI LINIER TITIK PEMBANGKIT

Kosala, Kosala Dwidja Purnomo (Unknown)
Yurike Devita (Unknown)
Firdaus ubaidillah (Unknown)
Bagus Juliyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan objek fraktal dengan cara memodifikasi chaos game. Awalnya titik pembangkit dalam chaos game ditentukan oleh titik tengah antara titik pembangkit iterasi sebelumnya dengan titik verteks segitiga yang dipilih secara acak. Pada iterasi yang cukup besar, dengan penentuan titik pembangkit seperti rumusan ini, akan diperoleh sekumpulan titik pembangkit yang berbentuk mirip dengan segitiga Sierpinski. Dalam penelitian ini koordinat titik pembangkit ditentukan dari kombinasi linier antara koordinat titik pembangkit awal dan titik verteks segitiga. Kombinasi linier dilakukan dengan menvariasikan parameter koefisien variabel koordinat titik pembangkit dan titik verteksnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chaos game akan membentuk berbagai objek fraktal jika jumlah parameter koefisien koordinat kedua titik tersebut yang berada dalam interval -1 sampai dengan 1. Secara khusus, untuk jumlah parameter koefisien mendekati 1 akan menghasilkan objek fraktal mirip segitiga Sierpinski. Secara umum, jumlah parameter koefisien yang menjauhi interval tersebut akan mengakibatkan sifat fraktal dari kumpulan titik pembangkit tersebut akan semakin hilang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pemantik

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika is managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mahasaraswati Denpasar and was published for the first time in March 2021 which is a medium for publishing the results of research or studies ...