Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimen dimana penelitian ini bersifat Comparassion (komparatif), diman melibatkan dua kelompok belajar. Dengan tujuan tesis ini ialah untuk mengetahui komparasi model pembelajaran problem posing juga problem solving pada hasil belajar siswa kelas VII MTs DDI Manding pada pembelajaran matematika. Penelitian ini diambil dari dua sampel, yakni, kelas VII A sebagai kelas eksperimen I dimana diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem posing, dengan jumlah siswa sebanyak 20.. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen II dimana diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem solving, dengan jumlah siswa 20 orang. Instrument pada penelitian ini meliputi, 1) Tes hasil belajar matematika (pre-tes & pot-tes) 2) Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran 3) Lembar observasi keterlaksanaan siswa. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Dari hasil analisis statistic pre-tes dan post-tes menunjukkan bahwasanya kelas eksperimen II lebih unggul disbanding kelass eksperimen I. erhitungan uji hipotesis/uji t untuk data hasil belajar matematika siswa pada post-tes, diperoleh nilai sebesar 3.059. sedangkan pada sebesar 1.685 yang berarti , atau 3.059 1.685. hal ini menunjukkan bahwa kedua model efektif digunakan pada saat proses pembelajaran.
Copyrights © 2024