Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Vol 4 No 2 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kedisiplinan Guru Terhadap Mutu Sekolah Dasar

Asmah, Nur (Unknown)
Miyono, Noor (Unknown)
Soedjono, Soedjono (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) apakah kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap mutu Sekolah Dasar di kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal?, (2) apakah kedisiplinan guru berpengaruh terhadap mutu Sekolah Dasar di kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal?, (3) apakah kepemimpinan kepala sekolah dan kedisiplinan guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap mutu Sekolah Dasar di kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal?. Tujuan penelitian ini yakni: (1) mengetahui pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu Sekolah Dasar di Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal, (2) mengetahui pengaruh kedisiplinan guru terhadap mutu Sekolah Dasar di Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal, (3) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kedisiplinan guru secara bersama terhadap mutu Sekolah Dasar di Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru dan kepala sekolah SD di kecamatan ringinarum sejumlah 165 orang, dan sampel dipilih menggunakan Teknik Proportionate stratified random sampling sebanyak 117 guru. Dari hasil penelitian, variable kepemimpinan kepala sekolah diperoleh rata-rata 142,21, disiplin guru rata-rata 152,73, sedangkan mutu sekolah rata-rata 162,52 Untuk uji hipotesis diperoleh: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan Ŷ = 49,663 + 0,794 X1, kekuatan korelasi sebesar 0,741 dengan kontribusi sebesar 54,9%. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan guru terhadap mutu sekolah dengan persamaan Ŷ = 38,828 + 0,810 X2, kekuatan korelasi sebesar 78,9 dengan kontribusi sebesar 62,2 %, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan kedisiplinan guru secara bersama-sama terhadap mutu sekolah dengan persamaan Ŷ = 28,632 + 0,350 X1 + 0,551 X2., kekuatan korelasi sebesar 0,851 dengan kontribusi sebesar 66,5%. Saran pada penelitian ini adalah kepala sekolah hendaknya meningkatkan kepemimpinan kepala sekolah dalam pemberdayaan dan melibatkan secara intensif semua guru dalam program dan kegiatan sekolah secara transparan dan akuntabel. Guru hendaknya meningkatkan kualitas kedisiplinan dalam pembelajaran dan berbagai program sekolah dengan dengan penuh tanggung jawab. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan hendaknya meningkatkan pengawasan dan monitoring pelaksanaan kebijakan pemerintah secara intensif. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kedisiplinan Guru, Mutu Sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah merupakan jurnal ilmiah inovasi dari multidisiplin ilmu yang diteliti di sekolah. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah diterbitkan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Semarang dengan ISSN 2774-9363 (Cetak) dan ISSN 2774-9746 (Online). Terbit ...