Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat (PUSDIKRA)
Volume 4 Nomor 2 Mei 2024

Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Matematika Melalui Pendekatan Differentiated Instruction

Silalahi, Yulianda Ghrace (Unknown)
Surya, Edi (Unknown)
Amin Fauzi, Kms. Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melalui pendekatan Differentiated Instruction lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan sampelnya dipilih secara acak. Berdasarkan penelitian para ahli dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan Differentiated Instruction (DI) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Peneliti menyarankan agar pendekatan Differentiated Instruction menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jies

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat (PUSDIKRA) merupakan jurnal yang berfokus kepada penerbitan artikel pada bidang penelitian-penelitian sosial. jurnal ini berupaya memberikan sumbangsi ilmu pengetahuan pada bidang pendidikan, penelitian, sosial science, dan ...