Journal of Informatics and Communication Technology (JICT)
Vol. 5 No. 2 (2023)

IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK PENILAIAN MUTU PELAYANAN DOKUMEN ADMINDUK STUDI KASUS DISDUKCAPIL KOTA XYZ

Faisal Muttaqin, Helmy (Unknown)
Wahyu Wibowo, Ari Purno (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Penerapan teknologi informasi untuk pelayanan publik pemerintahan telah mengubah cara pelayanan adminstrasi kependudukan (ADMINDUK) dan membuatnya semakin efisien serta mampu meningkatkan pelayanan ADMINDUK menjadi lebih baik. DISDUKCAPIL dituntut untuk memaksimalkan sumber daya yang ada sehingga dapat melakukan Tata Kelola dengan baik. Tata Kelola yang dilakukan membutuhkan informasi untuk membuat keputusan dalam mengelola dan mengatur keberlangsungan pelayanan publik Adminduk. Salah satu teknologi mutakhir yang mampu mengolah data dan menampilkan informasi adalah Bisnis Intelijen (BI). Bisnis Intelijen merupakan infrastruktur, aplikasi, dan alat (tools) yang memungkinkan akses dan analisis informasi untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pengambilan keputusan internal organisasi dalam rangka untuk meningkatkan kinerja organisasi. Bisnis Intelijen dapat diterapkan di berbagai sektor, termasuk di sektor pelayanan publik DISDUKCAPIL

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j_ict

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Mathematics

Description

ournal of Informatics and Communication Technology (JICT) is a peer-reviewed, scientific journal published by "Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM)" Institut Teknologi Telkom Jakarta. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...