Latar Belakang: Dari hasil studi pendahuluan di SMP SMIP 1946 dengan metode wawancara kepada Kepala Sekolah, diketahui ada beberapa siswa yang merokok di sekitar lingkungan luar Sekolah Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan peran Guru dan pengetahuan siswa-siswi terhadap larangan merokok di Sekolah. Metode: Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif bersifat analitik melalui pendekatan cross sectional. Sampel yaitu seluruh siswa-siswi kelas 7 dan 8 SMP SMIP 1946 yang berjumlah 44 siswa-siswi, menggunakan kuesioner dan di analisis dengan uji chi square. Hasil: Hasil dari variabel larangan merokok menunjukkan bahwa sebagian besar responden memilih setuju 72,7%, kategori pengetahuan kurang sebesar 75% dan kategori peran Guru baik sebesar 61,4%. Hasil uji chi square tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan larangan merokok (p-value = 0.672), sedangkan ada hubungan antara variabel peran Guru dengan larangan merokok (p-value = 0.000). Simpulan: Diharapkan Guru memberikan edukasi menarik dan bisa memacu semangat siswa-siswi terkait edukasi yang di sampaikan, seperti dari segi video animasi atau video komedi bertujuan membuat para siswa-siswi bisa memahami isi dari edukasi terkait larangan merokok.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024