Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskrispsikan aspek kejiwaan tokoh utama, nilai pendidikan, dan relevansi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan teknik wawancara.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis mengalir interaktif, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) wujud konflik batin tokoh utama dalam novel Sagaras karya Tere Liye, 2) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel meliputi rasa ingin tahu, kerja keras, sosial, moral, bersahabat, dan jujur, dan 3) novel Sagaras karya Tere Liye relevan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP karena sesuai dengan kriteria bahan ajar yang baik serta memberikan pengaruh nilai positif yang dapat direalisasikan untuk kehidupan sehari-hari.Kata kunci: psikologi sastra, nilai pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Indonesia
Copyrights © 2023