Jurnal Sastra Indonesia
Vol 12, No 3 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI DESEMBER

KONFLIK BATIN DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SAGARAS KARYA TERE LIYE TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Ayuningtyas, Dea Rahmanita (Unknown)
Saddhono, Kundharu (Unknown)
Anindyarini, Atikah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskrispsikan aspek kejiwaan tokoh utama, nilai pendidikan, dan relevansi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan teknik wawancara.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis mengalir interaktif, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) wujud konflik batin tokoh utama dalam novel Sagaras karya Tere Liye, 2) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel meliputi rasa ingin tahu, kerja keras, sosial, moral, bersahabat, dan jujur, dan 3) novel Sagaras karya Tere Liye relevan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP karena sesuai dengan kriteria bahan ajar yang baik serta memberikan pengaruh nilai positif yang dapat direalisasikan untuk kehidupan sehari-hari.Kata kunci: psikologi sastra, nilai pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Indonesia

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sasindo

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

urnal Sastra Indonesia (Sasindo) merupakan media publikasi hasil penelitian dan kajian konseptual dalam bidang sastra, media pembelajaran sastra, linguistik, seni budaya, multimedia senimatografi, dan kajian media massa. Bidang sastra memuat tentang ilmu sastra, sejarah sastra, kritik sastra, dan ...