KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah
Vol 10 No 1 (2024): KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 SUNGAI KERUH

Kurnia, Sisi (Unknown)
Dina Chairunisa, Eva (Unknown)
Zamhari, Ahmad (Unknown)
Suriadi, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Model pembelajaran merupakan suatu kerangka konseptual yang menyusun prosedur secara sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berguna sebagai pedoman bagi para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran. Project Based Learning adalah suatu bentuk pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Metode penelitian ini menggunakan metode Eksperimen Kuantitatif dan teknik penggumpulan data menggunakan data observasi, data tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas, uji-t, uji-u. Hasil belajar siswa berdasarkan uji hipotesis dari tabel independent sampel test di atas nilai Sig. (2-tailed) 0,000 dan nilai taraf signifikan a = 0,05 dengan demikian 0,000 < 0,05 sehingga HO di tolak dan Ha diterima. Artinya “Terdapat Pengaruh Terhadap Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Sungai Keruh”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Kalpa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus tentang penelitian dalam pendidikan sejarah, bidang sejarah, sejarah lokal, sejarah nasional dan sejarah global, budaya Indonesia, kearifan lokal dan pendidikan ...