Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini
Vol 11, No 1 (2024)

Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) dengan metode DIR Floortime: Systematic Literature Review

Fajriyati, Riza (Unknown)
Djoehaeni, Heny (Unknown)
Romadona, Nur Faizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Keterampilan sosial adalah aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak dengan Autism Spectrum Disorder sering mengalami kesulitan dalam berketerampilan Sosial. Oleh karena itu, diperlukan intervensi yang efektif untuk membantu mereka mengatasi kesulitan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan DIR/Floortime® terhadap kemampuan Keterampilan Sosial anak ASD dan pengaruh pendekatan DIR/Floortime® terhadap kemampuan Keterampilan Sosial anak ASD. Peneliti menggunakan metode systematic literature review terhadap studi literatur 20 artikel mengenai penerapan DIR/ Floortime pada anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) untuk meningkatkan keterampilan sosial. Artikel-artikel yang dipilih kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi temuan-temuan utama terkait dengan penerapan DIR/Floortime® pada anak-anak dengan ASD untuk meningkatkan keterampilan sosial. Hasil kajian diperoleh bahwa pendekatan floortime efektif diterapkan untuk mengembangkan kemampuan Keterampilan Sosial anak ASD. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya dapat digali lagi lebih dalam tentang faktor-faktor apa saja yang dapat memoderasi atau memediasi hubungan antara penerapan DIR/Floortime® dan peningkatan keterampilan sosial pada anak-anak dengan ASD.

Copyrights © 2024