Pengabdian ini bertujuan untuk memanfaatkan tanaman lingkungan sekolah dalam upaya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penguatan dalam memberikan P5 ini sudah berjalan pada pembelajaran mata pelajaran disekolah, namun kurangnya dilingkungan dan tanggung jawab siswa sehari-hari. P5 ini diharapkan dapat menjaga lingkungan alam sekitar, kerjasama, serta tanggung jawab terhadap lingkungan sosial. Metode ini dilakukan kualitatif deskriptif dalam pengabdian masyarakat dengan melakukan observasi dan wawancara oleh mahasiswa lintas bidang keilmuan. Subjek meliputi guru serta siswa untuk menanam tanaman lingkungan sekolah. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 32 Medan. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa rasa tanggung jawab siswa sangat tinggi. Siswa terlibat mulai dari penyiapan lahan, penanaman bibit tanaman, perawatan, penyiraman serta bertanggungjawab menjaga tanaman. Kegiatan ini memberikan dampak positif pada karakter siswa terhadap aspek ke-Tuhan-an Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, tangggung jawab dan gotong royong terhadap lingkungan sekolah.
Copyrights © 2023