Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kurikulum di lembaga PAUD non formal SPS Sedap Malam 5 sebagai sekolah penggerak.. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini, yaitu SPS Sedap Malam 5 sebagai lembaga PAUD non formal yang terpilih menjadi sekolah penggerak sudah menerapkan kurikulum merdeka yang merupakan keharusan jika terpilih sebagai sekolah penggerak. Dalam penerapan manajemen perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di SPS Sedap Malam 5 secara bertahap sudah mengikuti program sekolah penggerak hanya saja masih perlu bimbingan dari fasilitator sekolah penggerak. Para guru masih mengalami sedikit kesulitan dalam mengimplementasikan manajamen kurikulum merdeka mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Untuk mengatasi hal tersebut, SPS Sedap Malam 5 Kabupaten Bekasi mengadakan berbagai kegiatan agar membantu para guru dan lembaga dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka salah satunya dengan kegiatan pengimbasan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024