Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Vol. 1 No. 1 (2017)

Evaluasi Pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter pada Guru TK (Evaluasi Program Model Krikpatrik di Indonesia Heritage Foundation 2014)

Puspitasari, Putri Ratih (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pelatihan pendidikan karakter pada guru TK. Penelitian ini merupakan evaluasi program dengan menggunakan model kikpatrik yang terdiri dari reaksi, pembelajaran, perilaku dan hasil. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yakni Januari hingga Februari tahun 2015. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan studi dokumen. Sumber data terdiri dari ketua kelompok, kader, peserta, pelaksanaan pertemuan, dan dokumendokumen BKB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada Dimensi reaksi , seluruh kriteria keberhasilan memenuhi indikator (2) Pada Dimensi pembelajaran, seluruh peserta mengalami peningkatan kompetensi dan dapat mempraktekkan pembelajaran (3) Pada Dimensi perilaku, seluruh indicator terpenuhi (4) Pada Dimensi hasil pelayanan pendidikan mendapat peningkatan yang sesuai dengan kriteria ideal.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipmht

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para ...