Lembaga pendidikan merupakan sarana bagi seseorang dalam meningkatkan pengetahuan. Sebagaimana uraian tersebut, peneliti mengamati bahwa manajemen peserta didik harus dijalankan dengan baik oleh semua elemen di lembaga pendidikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) mengetahui peran kepala asrama dan mentor dalam pengelolaan peserta didik. 2) mengetahui upaya kepala asrama dalam mengelola peserta didik. 3) Menentukan faktor pendukung dan penghambat dalam mengelola peserta didik di Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan dan studi fenomenologi. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah Kepala MEC, Mentor, Dosen dan alumni Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Jakarta. Hasil perolehan literatur, observasi, dan wawancara disajikan dan dianalisis secara komprehensif, ringkas dan sistematis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen peserta didik di Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Jakarta sudah berjalan baik terlihat dengan adanya program yang terukur dan kegiatan yang ada dalam lembaga pendidikan mengacu pada kepentingan mutu lulusan melalui implementasi manajemen yang baik dengan melakukan beberapa upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak manajemen, kepala asrama, mentor dan pendidik. Saran penelitian untuk kedepannya adalah bahwa penguatan manajemen Pendidikan di berbagai institusi menjadi sangat penting.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023