Edukha : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2023): Vol. 4 No. 2 (2023)

Membaca Ekstensif Dan Agensi Pembelajar Di Era Pandemi: Sebuah Studi Kasus Di Indonesia

Mutmainatul Ma’wa, Mila (Unknown)
Rachmawati Nur, Maulidia (Unknown)
Nurmayasari, Eva (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Agensi pembelajar (Learner agency) merupakan salah satu karakter atau kompetensi yang dimiliki siswa dalam menentukan minat dan inisiatif dalam proses belajar yang dilakukannya. Dalam hal ini siswa mempunyai kesadaran diri akan pentingnya belajar dan mempunyai inisiatif sendiri dalam melakukan proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat menunjukkan karakter agensi pembelajar melalui kegiatan membaca ekstensif. Wawancara semi terstuktur digunakan sebagai instrumen dalam mendapatkan data tentang karakter agensi pembelajara melalui kegiatan membaca ekstensif. Partisipan riset dalam penelitian ini adalah lima orang siswa yang terlibat dalam kegiatan membaca ekstensif. Berdasarkan hasil wawancara, data yang diperoleh menunjukkan bahwa partisipan riset ini mempunyai ciri-ciri agensi pembelajar, antara lain: mempunyai inisiatif, lebih aktif dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan minatnya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Edukha

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal edisi pertama pada volume pertama tahun 2020, menyajikan beberapa tulisan hasil penelitian Guru, Dosen, dan Mahasiswa. Kami berharap agar para Mahasiswa dan Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan termotivasi untuk menulis karya ilmiah dari hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat, ...