Agensi pembelajar (Learner agency) merupakan salah satu karakter atau kompetensi yang dimiliki siswa dalam menentukan minat dan inisiatif dalam proses belajar yang dilakukannya. Dalam hal ini siswa mempunyai kesadaran diri akan pentingnya belajar dan mempunyai inisiatif sendiri dalam melakukan proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat menunjukkan karakter agensi pembelajar melalui kegiatan membaca ekstensif. Wawancara semi terstuktur digunakan sebagai instrumen dalam mendapatkan data tentang karakter agensi pembelajara melalui kegiatan membaca ekstensif. Partisipan riset dalam penelitian ini adalah lima orang siswa yang terlibat dalam kegiatan membaca ekstensif. Berdasarkan hasil wawancara, data yang diperoleh menunjukkan bahwa partisipan riset ini mempunyai ciri-ciri agensi pembelajar, antara lain: mempunyai inisiatif, lebih aktif dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan minatnya
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023