Cakrawala
Vol 3, No 1 (2024): Juni

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi pecahan pada kelas V Sekolah Dasar dengan tahapan newman

Pratama, Surya Adi (Unknown)
Nuraini, Ni Luh Sakinah (Unknown)
Mas’ula, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan pada siswa sekolah dasar. Salah satu materi dalam mata pelajaran matematika adalah operasi hitung pecahan. Materi pecahan seringkali ditulis menggunakan bentuk masalah matematika atau soal cerita. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis kesalahan Newman untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan materi operasi hitung pecahan. Tujuan dalam penelitian ini untuk menemukan kesalahan dan faktor kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode campuran / mixed-method. Penelitian dilakukan di SDN Model Kota Malang. Hasil penelitian ditemukan bahwa lebih dari 50% siswa masih melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika, terutama pada tahap penulisan jawaban akhir yang bisa dikategorikan sebagai kesalahan tinggi dengan persentase kesalahan 74,52%

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics

Description

CAKRAWALA Jurnal Ilmiah Bidang Sains merupakah wahana komunikasi ilmiah di bidang Sains yang mencakup lintas bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi dan Pendidikan ...