Tujuan penelitian ini yakni mengkaji jenis tingkat kerusakan yang terjadi di ruas jalan Rantepao-Sa’dan-Batusitanduk Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Selatan; Mengkaji pemeliharaan rutin jalan dengan nilai tingkat kerusakan berdasar pada metode Pavement Condition Index (PCI), dan metode P/KRMS; serta Komparasi kedua metode kaitannya dengan Kinerja dan Biaya. Penelitian dilakukan dengan mencari data primer dengan mengukur luasan masing-masing kerusakan dengan menggunakan alat ukur/ mistar melalui survey kondisi pada ruas jalan yang menjadi obyek penelitian di lapangan. Sementara data sekunder diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Propinsi Sulawesi Selatan berupa peta lokasi ruas jalan yang menjadi obyek penelitian, daftar ruas jalan, rencana startegis Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Selatan dan data-data pendukung lainnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat Kerusakan atau kondisi kemantapan jalan pada ruas Rantepao-Sa'dan-Batusitanduk berada pada kondisi yang sangat baik karena persentase kerusakan 6,57%; Minimnya kerusakan yang terjadi pada ruas Rantepao-Sa'dan-Batusitanduk terlihat pada hasil survey menggunakan metode PCI dan P/KRMS yang menunjukkan nilai PCI 91,36 (exelent) dan Nilai TTI P/KRMS 0 – 20 (baik) dimana hal tersebut menunjukkan kondisi yang sama dan hanya membutuhkan pemeliharaan rutin. Metode P/KRMS lebih efektif dan efisien karena P/KRMS memiliki perhitungan lebih detail, prioritas penanganan, dan kategori (responsive dan cyclic) dari metode PCI yang hanya berdasarkan perhitungan manual dengan tahun-tahun sebelumnya. The purpose of this study is to examine the type of damage that occurred on the Rantepao-Sa'dan-Batusitanduk road at the Public Works and Spatial Planning Office of South Sulawesi Province, Assessing routine road maintenance with damage level values based on the Pavement Condition Index (PCI) method, and the P/KRMS method; and Comparison of the two ways about Performance and Cost. The research was carried out by searching for primary data by measuring the extent of each damage using measuring devices/rulers through condition surveys on the road sections, which were the object of research in the field. While secondary data was obtained from the Public Works and Spatial Planning Office of South Sulawesi Province in the form of a map of the location of the road sections that were the object of research, a list of road segments, the strategic plan of the South Sulawesi Provincial Public Works and Spatial Planning Office and other supporting data. Based on the research results, it can be seen that the level of damage or road stability on the Rantepao-Sa'dan-Batusitanduk section is in excellent condition because the percentage of damage is 6.57%; The minimal damage that occurred on the Rantepao-Sa'dan-Batusitanduk section can be seen in the results of a survey using the PCI and P/KRMS methods which showed a PCI value of 91.36 (excellent) and a TTI P/KRMS value of 0 – 20 (good) which shows conditions and only requires routine maintenance. The P/KRMS method is more effective and efficient because P/KRMS has more detailed calculations, handling priorities, and categories (responsive and cyclic) than the PCI method, which is only based on manual estimates from previous years.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024