Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 40 Sungai Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan Quasy Experiment Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 40 Sungai Raya yaitu kelas IVA berjumlah 21 siswa dan IVB berjumlah 18 Siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IVA (Kelas Eksperimen) dan IVB (Kelas Kontrol) SDN 40 Sungai Raya. Teknik yang digunakan untuk penentuan kelas eksperimen dan kontrol menggunakan sampel jenuh. Pada pengumpulan data peneliti menggunakan soal tes. Teknik pengumpulannya menggunakan tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test diawali dengan uji prasyarat, yaitu dengan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 40 Sungai Raya. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t-test, yaitu thitung (2,739) > ttabel (2,021) dengan taraf singnifikansi sebesar 0,05. Hasil rata-rata perolehan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 58,80 lebih baik dari hasil rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 45,44 pada KKM yang ditentukan, yaitu 65.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023