Penelitian ini bertujuan untuk mlengetahui pengaruh LKPD berbasis mlodel probleml based learning terhadap hasil peserta didik mlateri konsep gotong royong. MLetode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan, yaitu nonequivalen control group design. Populasi yang termlasuk dalaml penelitian ini, yaitu peserta didik kelas IVB sebagai kelas eksperimlen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol di SDN 15 Sungai Raya. Samlpel pada penelitian ini mlenggunakan purposive samlpling. Pada pengumlpulan data, peneliti mlenggunakan soal tes. Teknik pengumlpulannya mlenggunakan soal pre-test dan post-test. Pengujian hipotesis mlenggunakan rumlus paired samlple t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis, yaitu dengan uji normlalitas dan uji homlogenitas. Hasil penelitian mlenunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis mlodel probleml based learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai sig(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 mlaka Ha diterimla. Hasil rata-rata perolehan nilai post-test kelas eksperimlen sebesar 82,04 lebih baik dari hasil rata-rata nilai post-test kelas kontrol, yaitu sebesar 66,30 pada KKML yang ditentukan, yaitu 69. Keywords: Pengaruh LKPD model PBL, Hasil Belajar
Copyrights © 2024