Ihsanika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 2 No. 2 (2024): Juni : IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Pendekatan Ilmu Pendidikan Islam Dalam Kajian Studi Islam

Abdul Wahid Romly (Unknown)
Siti Khusnul Mahfudzhoh (Unknown)
Wiro Handoko (Unknown)
Muhammad Syaifullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

Kajian ini tujuannya adalah untuk mengetahui pendekatan ilmu Pendidikan Islam dalam kajian studi Islam. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaann. Studi ini difokuskan pada penelusuran dan analis untuk mencari keseimbangan antara Pendekatan-pendekatan dalam Pendidikan Islam yaitu, pendekatan pengamalan, pengalaman, rasional, emosional dan pembiasaan sehingga dapat dipahami oleh manusia agar dapat diimplementasikan dan sebagai bentuk landasan moral dalam kehidupan sehari-hari. Yang berhubungan dengan Masyarakat dan lingkungan. Hubungan manusia dengan Allah (hablum minallah) dan hubungan antara sesame manusia (hablum minannas), maka Pendidikan islam merupakan dasar untuk membentuk moral manusia yang baik dan sempurna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IHSANIKA

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Pendidikan Islam Berbasis Al Quran dan HaditsMedia, Metode, strategi, Pemanfaatan Teknologi dan Sumber Belajar dalam Pendidikan Islam, Kajian Tokoh Pendidikan Islam, Kurikulum Pendidikan Islam, Sejarah Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan Islam, Penelitian tentang Pendidikan Islam, Isu tentang ...