Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengarah dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi : perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi/pengamatan, evaluasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas IV di SD Negeri 200101 Padangsidimpuan T.A 2021/2022, dan waktu penelitian dilakukan selama dua bulan. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah murid-murid kelas IV SD Negeri 200101 Padangsidimpuan T.A 2021/2022 yang berjumlah 25 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun variabel penelitian ini yaitu motivasi belajar dan model pembelajaran student facilitator and explaining. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I rata-rata klasikal 80 % dengan kriteria tinggi dan pada siklus II pertemuan II sebesar 92 % yaitu dengan kriteria sangat meningkat atau tinggi, hal ini sudah terlihat peningkatan dan sudah mencapai kriteria yang diharapkan
Copyrights © 2022