Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan
Vol 1 No 1 (2022)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa

Parinduri, Sri Handayani (Unknown)
Sirait, Makmur (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media presentasi terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di MTsN 2 Medan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP MTsN 2 Medan yang berjumlah 7 kelas dan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diambil secara cluster random sampling. Penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media presentasi di kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung di kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes (pilihan ganda) dan non-tes (observasi). Hasil postes kelas eksperimen 79,43 dan kelas kontrol adalah 72,43. Aktivitas siswa pada saat pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media presentasi mengalami peningkatan mulai dari 47,21% (cukup aktif) pada pertemuan pertama, 60,95% (aktif) pada pertemuan kedua dan menjadi 72,24% (aktif) pada pertemuan ketiga. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media presentasi lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

intern

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Other

Description

INTERN merupakan jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang MIPA mencakup fisika/pendidikan fisika, kimia/pendidikan kimia, biologi/pendidikan biologi, matematika/pendidikan matematika, IPA/pendidikan IPA. Artikel yang dipublikasikan di ...