Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan
Vol 1 No 2 (2022)

Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Multimedia dengan Asesmen Formatif pada Materi Fluida Statis

Reyza Arief Taqwa, Muhammad (Unknown)
Adhe Febriyanto, Muhammad (Unknown)
Misbakhussuduri, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul elektronik berbasis multimedia dengan asesmen formatif pada materi fluida statis dan mengetahui tingkat kelayakannya. Jenis penlitian yang digunakan adalah Reseach and Development (RnD) dengan menggunakan metode 4D (Define, Design, Delompent, Desseminate). Namun penelitian ini hanya sampai tahap development. Instrumen penelitian terdiri dari angket validasi ahli materi dan media, dan instrumen uji kelayakan media. Penelitian dilakukan pada 2 ahli yang terdiri dari dosen dan guru, dan 135 siswa kelas XI. Hasil penelitian berhasil mengembangkan modul elektronik berbasis multimedia dengan asesmen formatif pada materi fluida statis. Berdasarkan hasil penilaian angket validasi media, angket validasi materi, dan angket uji kelayakan diperoleh rata-rata presentase sebesar 91,67%, 90,83%, dan 87,36% sehingga media dalam kategori sangat layak. Meskipun layak digunakan, media ini memiliki kelemahan yakni memerlukan penyimpanan yang besar karena menggunakan aplikasi PowerPoint. Oleh karena itu, peneliti berikutnya diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan media menggunakan aplikasi lain

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

intern

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Other

Description

INTERN merupakan jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang MIPA mencakup fisika/pendidikan fisika, kimia/pendidikan kimia, biologi/pendidikan biologi, matematika/pendidikan matematika, IPA/pendidikan IPA. Artikel yang dipublikasikan di ...