Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan
Vol 1 No 2 (2022)

Manfaat Media Pembelajaran Edrawmind untuk Melatih Kreativitas Mahasiswa Fisika

Handayani Parinduri, Sri (Unknown)
Sukma Sitompul, Melati (Unknown)
Khoirul Jannah, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manfaat media pembelajaran edrawmind dalam melatih kreativitas mahasiswa pada matakuliah metodologi pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tri-anggulasi (gabungan) berupa kajian pustaka dengan mengumpulkan data terutama data verbal melalui buku, artikel, catatan, dan berbagai literatur ilmiah lainnya. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa prodi tadris fisika. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester IV prodi tadris fisika pada mata kuliah metodologi pembelajaran fisika UIN Syahada Padangsidimpuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah menggunakan instrumen non tes dengan membandingkan kinerja kreatif dari mahasiswa sebelum dan sesudah mengenal media pembelajaran edrawmind. Hasil penelitian menunjukkan edrawmind dapat melatih kreativitas mahasiswa dalam membuat mind map. Hal tersebut ditunjukkan melalui mind map mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran edrawmind lebih kreatif dibanding tanpa menggunakan media pembelajaran edrawmind

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

intern

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Other

Description

INTERN merupakan jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang MIPA mencakup fisika/pendidikan fisika, kimia/pendidikan kimia, biologi/pendidikan biologi, matematika/pendidikan matematika, IPA/pendidikan IPA. Artikel yang dipublikasikan di ...