Navigation Physics : Journal of Physics Education
Vol 5, No 2 (2023): Navigation Physics : Journal of Physics Education Vol. 5 No. 2 Tahun 2023

Kalibrasi Jangka Sorong Digital (Vernier Calliper) Dengan Caliper Cheker Dan Gauge Block Berdasarkan Standar JIS B.7507:2016

Husnah, Miftahul (Unknown)
Nurlisa, Siti (Unknown)
Fazira, Natasya Aulia (Unknown)
Lubis, Ridwan Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2023

Abstract

Kalibrasi adalah serangkaian kegiatan untuk menetapkan hubungan, dalam kondisi tertentu antara suatu nilai besaran yang ditunjukkan oleh peralatan ukur atau system pengukuran, atau nilai yang dipresentasikan oleh bahan ukur atau bahan acuan dengan nilai terkait yang direalisasikan oleh standar (Vocabulary Of Basic and General Teams in Metrologi-VIM 1993). Kalibrasi menentukan perbedaan (deviasi) antara pembacaan alat ukur atau bahan ukur (yang digunakan sebagai standar) dengan (taksiran) nilai benar. Dilakukannya kalibrasi untuk mengetahui nilai koreksi atau kesalahan dan nilai ketidakpastian pengukuran alat jangka sorong digital. Dalam penelitian ini jangka sorong digital yang digunakan adalah jangka sorong digital yang mana sama-sama memiliki ketelitian 0,01 mm dan kapasitas ukur 300 mm. Alat ukur standar yang digunakan dalam kalibrasi Jangka sorong digital ini adalah caliper cheker dan gauge block yang ditoleransi berdasarkan JIS B 7507: 2016. Sehingga dari hasil pengamatan yang dilakukan pada kalibrasi jangka sorong digital menggunakan caliper checker yang dilakukan ialah nilai kesalahan 0.01 mm dengan ketidakpastian bentangan 0,12 mm dan kalibrasi jangka sorong digital menggunakan gauge block yang dilakukan ialah nilai kesalahan 0,43 mm dengan ketidakpastian bentangan 0,43 mm sehingga dapat dikatakan jangka sorong tersebut masih dalam batas toleransi dan dalam batas wajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpeu

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Navigation Physics : Journal of Physics Education is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, or program applications related to Physics Education in across settings. The journal is concerned with the ...