Jurnal Desain dan Analisis Teknologi
Vol. 3 No. 2 (2024): Juli

Emotion Recognition Untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran Yang Menyenangkan: Studi Literatur

Hendri, Patrick Pratama (Unknown)
Wibowo, Tony (Unknown)
Tan, Tony (Unknown)
Herman, Herman (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Perkembangan pendidikan setiap generasi memberikan tantangan tantangan yang cukup signifikan yang harus dihadapi oleh guru guru. Salah satu isu adalah pentingnya tingkat kesenangan ataupun pandangan positif siswa terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Lingkungan pendidikan sudah pernah menggunakan teknologi biometrik sebagai bagian dari sistem pendukung nya. Dalam penelitian ini kami melakukan tinjauan pustaka terkait penggunaan teknologi biometrik spesifiknya teknologi emotion recognition untuk membantu guru. Dari 225 artikel yang didapatkan dan setelah melewati proses analisis dasar dan konten, kami menemukan bahwa teknologi emotion recognition sudah bisa dikembangkan dengan menggunakan algoritma CNN maupun SVM dengan menggunakan dataset yang tersedia secara publik. Namun perlu adanya studi lebih mendalam, khususnya dalam penerapan di kelas formal dan penerimaan guru dan siswa terhadap teknologi ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JDDAT

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

JDDAT menyambut kiriman berkualitas tinggi, asli, dan sebelumnya tidak dipublikasikan dalam teori, praktik, dan aplikasi dari semua aspek penemuan pengetahuan dan penambangan data. Topik yang diutamakan adalah sebagai berikut: Advanced Topics in Software Engineering Data Mining Applications Data ...