PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 10, No 3 (2023): PEDADIDAKTIKA

Peran Orangtua Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di SDN Sukasetia

Novitasari, Selvi (Unknown)
Mulyadiprana, Ahmad (Unknown)
Nugraha, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Pendidikan ini merupakan hak seluruh setiap insan yang bernyawa,termasuk Anak berkebutuhan khusus yang merupakan orang-orang dengan keterbatasan. Pendidikan inklusi sebagai upaya dalam penyelenggaraan pendidikan bagi ABK. Akan tetapi dalam kenyataannya, tidak sedikit anak berkebutuhan khusus dimasukan ke sekolah reguler sehingga membuat anak tersebut mendapatkan tekanan dan juga ketidaksesuaian lingkungan yang menyebabkannya rendahnya dalam penerimaan diri sehingga semakin terpuruk. Dalam penelitian ini penulis  menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mempelajari suatu kondisi tertentu secara intensif dan mendalam terkait peran orang tua dalam pembelajaran siswa berkebutuhan khusus sekolah dasar umum di SDN Sukasetia. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa orang tua memiliki peran penting dalam proses pembelajaran ABK baik di sekolah maupun di rumah. Hal ini dikarenakan orang tua merupakan orang terdekat bagi ABK dalam menjalani kehidupannya. Pendidikan yang didalamnya termasuk pembelajaran didapatkan oleh ABK bermula dari orang tua yang berada di lingkungan pertamanya yakni lingkungan keluarga. Dalam pemerolehan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus keterlibatan seluruh pihak yang berkaitan dengan pembelajaran dan juga lingkungan terdekat anak sangat dibutuhkan. Maka kolaborasi dan komunikasi senantiasa dijalin antara wali kelas dan orang tua terkait proses belajar anak berkebutuhan khusus. Kolaborasi yang senantiasa dilakukan oleh orang tua dan guru diantaranya (a) mengkomunikasikan perilaku ABK di dalam kelas kepada orang tua bergitupun sebaliknya, (b) mengamati dan memberitahukan kepada orangtua terkait kendala dan perkembangan ABK. Hal tersebut merupakan upaya khusus yang dilakukan sebagai bentuk pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2023