Penelitian ini merujuk pada pemikiran keseluruhan, sehingga dapat memberikan pengaruh positif bagi guru dan siswa. Pembelajaran dengan model saintifik ini telah di terapkan di SMA muhammadiyah Bondowoso dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran model saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran model saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metodepenelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan Dokumentasi, hasil dari penelitian ini bahwa penerapan model saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah bondowoso menggunakan 5 langkah-langkah yaitu dengan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, mengkomunikasi Hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran model saintifik di SMA Muhammadiyah Bondowoso cenderung meningkat danefektif, sehingga terciptanya suasana kelas yang baru dan menanrik. Adanya model ini siswa lebih aktif dan kritis walaupun ada salah satu siswa yang kurang karena adanya intelektual yang berbeda –beda. Otomatis kegiatan belajar mengajar dapat melatih kreatifitas siswa dan membentuk pola pemikiran siswa yang lebih matang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023