Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023): December

Penerapan Pembelajaran Model Saintifik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Andre, Muhammad (Unknown)
Nursyamsiah, Siti (Unknown)
Huda, Hairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini merujuk pada pemikiran keseluruhan, sehingga dapat memberikan pengaruh positif bagi guru dan siswa. Pembelajaran dengan model saintifik ini telah di terapkan di SMA muhammadiyah Bondowoso dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran model saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran model saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metodepenelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan Dokumentasi, hasil dari penelitian ini bahwa penerapan model saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah bondowoso menggunakan 5 langkah-langkah yaitu dengan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, mengkomunikasi Hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran model saintifik di SMA Muhammadiyah Bondowoso cenderung meningkat danefektif, sehingga terciptanya suasana kelas yang baru dan menanrik. Adanya model ini siswa lebih aktif dan kritis walaupun ada salah satu siswa yang kurang karena adanya intelektual yang berbeda –beda. Otomatis kegiatan belajar mengajar dapat melatih kreatifitas siswa dan membentuk pola pemikiran siswa yang lebih matang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) ISSN 3026-3166 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. JTP publishes four issues annually in the months of September, December, March, and June. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been ...