Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
Vol. 10 No. 2 (2023)

Meningkatkan Keterampilan Bercerita dengan Media Wall Chart Siswa Kelas Vii B SMP Negeri 3 Singaraja

I Gusti Agung Rika Dharma Iswarya (-)
Ida Bagus Putra Manik Aryana (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ida Ayu Putu Purnami (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
29 May 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dari peningkatan keterampilan siswa dalam bercerita dengan menggunakan bantuan Media Wall Chart. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui keterampilan siswa bercerita dengan bantuan Media Wall Chart kelas VII B SMP Negeri 3 Singaraja, (2) Mengetahui bagaimana pendapat siswa terkait Media Wall Chart yang digunakan sebagai media untuk meningkatkan keterampilan siswa bercerita Bali kelas VII B SMP Negeri 3 Singaraja. Subjek pada penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Singaraja. Objek pada penelitian ini adalah Media Wall Chart. Metode penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pengumpulaan data dengan observasi, tes, dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Penggunaan Media Wall Chart sudah dapat meningkatkan keterampilan siswa bercerita Bali, (2) Adanya peningkatan hasil tes siswa pada keterampilan bercerita Bali pada siklus I, skor rata-rata siswa adalah 68,29. Kemudian pada siklus II, skor rata-rata siswa meningkat menjadi 84,29. (3) Pendapat siswa membawakan satua menggunakan Media Wall Chart sangat setuju. Pada 31 orang siswa (100%) memberikan pendapat setuju dari hasil kegiatan tes siswa dalam meningkatkan keterampilan bercerita dengan menggunakan Media Wall Chart. Media Wall Chart salah satu media yang bisa dimanfaatkan guru untuk berinovasi menciptakan pembelajaran yang menyenangkan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPBB

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Balinese Language ...