Walada: Journal of Primary Education
Vol. 3 No. 1 (2024): Volume 3 Nomor 1, April 2024

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL SOBRY PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SDN 31 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rina Wardaniati (Unknown)
Lalu Asriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui penggunaan model SOBRY pada mata pelajaran PAI di Kelas IV SDN 31 Ampenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas IVA SDN 31 Ampenan yang berjumlah 31 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentsi dan angket. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model SOBRY (Sampaikan, Organisasikan, Bertanya, Rayakan, Yakinkan) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 31 Ampenan. Hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan persentase motivasi belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Rata-rata motivasi belajar siswa siklus I sebesar 50,8% meningkat 36,8% pada siklus II dengan rata-rata sebesar 87,6%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...