Menyongsong era society 5.0 maka diperlukan media pembelajaran berbasis ICT pada mata kuliah pembelajaran Bahasa Arab MI, diantaranya memanfaatkan perangkat lunak dan keras serta multimedia lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran berbasis ICT pada mata kuliah pembelajaran Bahasa Arab MI di Institut Attanwir Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media pembelajaran berbasis ICT pada mata kuliah pembelajaran bahasa Arab MI melalui tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap persiapan dosen pengampu mata kuliah menganalisis kebutuhan, mengembangkan RPS berbasis ICT, menyiapkan media, dan membagi kelompok. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran didesain memanfaatkan media ICT seperti leptop, proyektor, TV, audio, audiovisual, mengunggah video microteaching pembelajaran bahasa Arab MI ke kanal YouTube, memanfaatkan google classroom, WhatsApp dan lain-lain. Pada tahap evaluasi, dosen pengampu melakukan monitoring dan evaluasi terkait keefektifan dan ketercapaian implementasi media pembelajaran berbasis ICT dengan melihat proses dan hasil belajar mahasiswa. Implikasinya media ICT berperan penting dalam pembelajaran Bahasa Arab
Copyrights © 2024