Penelitian ini menganalisis implementasi karakter peduli sosial melalui muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas III Sekolah Dasar Negeri Tegalpanggung, menyelidiki faktor pendukung dan penghambat, serta mengusulkan solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. Dilakukan dengan metode kualitatif, penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Tegalpanggung pada Januari 2024 dengan data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah dilaksanakan dengan baik, dengan guru mengaitkan nilai peduli sosial dalam pembelajaran dan menggunakan pendekatan yang sesuai. Faktor pendukung meliputi kesadaran siswa akan kepedulian sosial, keteladanan guru, dan program sekolah. Sementara faktor penghambat adalah kurangnya kesadaran siswa terhadap sesama. Solusi yang diusulkan termasuk penggunaan reward bagi perilaku positif siswa, pembiasaan terus-menerus selama pembelajaran, dan komunikasi sinergis dengan aspek pengembangan karakter peduli siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024