Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi proses pengembangan media kartu gambar kata dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila bagi siswa kelas II di Sekolah Dasar Ngoto Bangunharjo Sewon Bantul, serta menilai kelayakan media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan, dengan model Borg dan Gall yang telah dimodifikasi, terdiri dari tujuh langkah penelitian: (1) identifikasi masalah potensial, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) pengujian produk, dan (7) revisi produk. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan mencakup lembar wawancara kuesioner untuk guru kelas II, lembar validasi kuesioner untuk ahli media dan ahli materi, serta kuesioner tanggapan guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media kartu gambar kata memperoleh persentase rata-rata 91% dengan kriteria "Sangat Layak". Penilaian dari ahli materi dan ahli media masing-masing mencapai 91% dan 95% dengan kriteria "Sangat Baik". Tanggapan guru kelas II dan siswa terhadap media ini juga positif, dengan persentase masing-masing mencapai 90%. Dengan demikian, media kartu gambar kata yang dikembangkan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dianggap "Sangat Menarik".
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024