MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 6, No 2 (2024): MATHEMA

Analisis Numerasi Siswa SMP pada Materi Aritmetika Sosial Ditinjau dari Gender Siswa

Jusniani, Nia (Unknown)
Setiawan, Erwan (Unknown)
Monariska, Erma (Unknown)
Asikin, Rinawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP Plus Al Ittihad Cianjur kelas VII A dan VII J semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang bergender laki–laki dan perempuan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh bahwa kemampuan numerasi matematis siswa SMP pada materi aritmetika sosial laki-laki lebih baik dari pada perempuan. Hal itu terlihat bahwa siswa laki-laki lebih dominan dilevel Cakap, dan siswa perempuan dominan pada level Perlu Intervensi Khusus. Berdasarkan indikator kemampuan numerasi, siswa laki-laki lebih unggul pada indikator menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari, dan indikator menganalisis informasi yang ditampilkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...