MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 6, No 1 (2024): MATHEMA

Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Etnomatematika Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Aisyah, Nabila Aqidatul (Unknown)
Abdullah, Ahmad Anis (Unknown)
Mubarrok, Muhammad Najib (Unknown)
Adawiya, Robiatul (Unknown)
Sholihah, Dyahsih Alin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Salah satu kemampuan matematika yang dibutuhkan siswa dalam menghadapi era disrupsi adalah kemampuan berpikir kreatif. Model discovery learning sangat tepat dalam menumbuhkan kemampuan berpikir keatif. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning berbasis etnomatematika berbantuan geogebra dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini menerapkan metode Kuasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kasihan tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning berbasis etnomatematika berbantuan GeoGebra memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...